Our Story (ID)

Latar Belakang

Dengan globalisasi yang terus berkembang, Indonesia dan seluruh dunia menjadi semakin dekat. Dunia berkembang dengan cepat, dan begitu juga dengan kebutuhan generasi muda diharapkan bisa memilah, mengolah dan menerapkan cara-cara yang logis, namun kreatif untuk menghadapi komunitas, masyarakat luas, hidup di negara dan dunia di sekitar mereka. Keterampilan dalam bahasa kedua atau bahkan bahasa ketiga akan menjadi semakin penting. Pembelajaran yang berbasis kebutuhan anak, dan proses pembelajaran yang menerapkan keterampilan berpikir kritis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris akan memberikan kesempatan terbaik bagi anak-anak untuk masa depan mereka. Dari keyakinan inilah tumbuh ide untuk membuka sekolah bilingual di Bali Utara. Dengan tujuan untuk keunggulan akademik, ditambah dengan keterampilan berbahasa yang kuat, pemikiran kritis dan pendidikan karakter, kami bertujuan untuk menyediakan lingkungan pendidikan terbaik bagi anak-anak.

NBBS, menggunakan kurikulum nasional Indonesia, dan sekaligus menerapkan “praktik terbaik”. NBBS adalah sekolah swasta, biasa disebut Sekolah Nasional Plus, artinya NBBS menganut kurikulum nasional, padahal banyak “plus” yang diterapkan untuk mencapai keunggulan. Di NBBS, penerapan kurikulum, dalam pengertian akademik, sangat ketat, namun memungkinkan untuk pengajaran yang berbeda yang berbasis kebutuhan siswa, dan pembelajaran berbasis proyek. NBBS adalah sekolah bilingual, menggunakan kedua bahasa setiap hari di banyak area sekolah, dengan beberapa kelas 100% dalam bahasa Inggris.

Sebagai sekolah dengan durasi belajar sehari penuh, NBBS memiliki lebih banyak waktu belajar harian dan mingguan daripada sekolah umum pada umumnya, memungkinkan pembelajaran berbasis proyek, program seni dan musik, program olahraga, dan kegiatan klub ko-kurikuler dapat terlaksana dengan baik. Sebagai sekolah yang berpusat pada anak, banyak program dan acara yang mencerminkan semangat dan kegembiraan sekolah kami. NBBS merayakan Pekan Buku Anak, Program Literasi, Hari Bumi, Minggu Proyek, Program Berkebun, Hari-hari bermain secara riang gembira, dan memiliki Program Layanan Masyarakat yang dipimpin oleh OSIS NBBS yang menggalang dana dan mendukung berbagai program peduli sosial dan program sekolah lainnya.

Visi Sekolah:

  • Memberdayakan siswa untuk mengglobal melalui pembelajaran berkualitas yang menghargai perbedaan.

Misi Sekolah:

  • a. Memberikan pembelajaran yang bermakna untuk mencapai kesuksesan.
    b. Mengembangkan kesadaran belajar sepanjang hayat dan kecintaan belajar.
    c. Memberikan lingkungan yang aman secara emosional dan aman secara fisik.
    d. Menghargai perbedaan dan keragaman
    e. Mengembangkan kepedulian sosial dan kontribusi kepada masyarakat

Motto:

Berkomitmen Untuk Keunggulan

Kurikulum NBBS:

Kurikulum Sekolah Dwibahasa North Bali Bilingual School (NBBS) dilaksanakan sesuai dengan amanat Negara Republik Indonesia. NBBS mengimplementasikan kurikulum pendidikan dasar dengan kombinasi Kurikulum 2013, dan Kurikulum Nasional 2022. Dari 2022-2025, kurikulum baru secara bertahap diberlakukan di NBBS, sebagaimana diamanatkan oleh pemerintah Indonesia.

Mengikuti visi dan misi kami, NBBS mengembangkan pendekatan holistik, berpusat pada anak yang berorientasi pada proses, kaya literasi, dan berbasis proyek. Dengan pendidikan karakter yang kuat, NBBS, melayani kelas 1-6, telah menjadi sekolah yang memiliki kolaborasi dengan keluarga, dan tempat-tempat lain di masyarakat sebagai sumber belajar! Secara lebih rinci, karakteristik kurikulum NBBS adalah sebagai berikut:

a. Berpusat pada potensi, kemajuan, kebutuhan dan minat peserta didik dan lingkungannya.

Kurikulum NBBS disusun dan dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kemampuannya agar menjadi warga negara yang sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab. Untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, kemajuan jaman, kebutuhan dan minat peserta didik serta tuntutan lingkungan. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan belajar berpusat pada peserta didik.

b. Beragam dan terintegrasi

Kurikulum NBBS dikembangkan dengan memperhatikan keberagaman karakteristik peserta didik, kondisi masyarakat sekitar sekolah, menghargai perbedaan dan tidak membeda-bedakan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, maupun gender. Kurikulum ini memuat substansi komponen kurikulum yang dipersyaratkan, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, yang dihubungkan dan disusun secara bermakna dan tepat guna.

c. Responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

Kurikulum dikembangkan berdasarkan kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar bagi peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

d. Relevan dengan kebutuhan hidup

Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan masyarakat untuk memastikan relevansi pendidikan dengan kebutuhan hidup, termasuk kehidupan sosial, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, akademik merupakan suatu keharusan.

e. Pembelajaran Seumur Hidup secara Holistik dan Berkelanjutan

Kurikulum diarahkan pada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik dalam satu rangkaian kehidupan. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan tuntutan dan kondisi lingkungan yang akan selalu meningkatkan arah dan perkembangan peserta didik.

f. Keseimbangan antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling melengkapi dan memberdayakan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Sistem Pembelajaran Campuran (Blended learning) NBBS

Sistem Blended Learning NBBS dikembangkan untuk memastikan semua siswa dapat mengakses pelajaran dan program jika peraturan pemerintah atau Departemen Pendidikan mengharuskan siswa untuk tidak bersekolah, karena alasan darurat.

Blended learning adalah kombinasi dari offline (tatap muka, pembelajaran tradisional), sistem paket, dan/atau pembelajaran online dengan cara yang satu melengkapi yang lain.

Bergantung pada situasinya, kami mungkin memerlukan peralihan cepat ke arah pembelajaran daring. NBBS dapat lebih cepat beralih ke pendekatan online jika dan kapan kita harus melakukan langkah itu! Inilah yang menjadikan pembelajaran campuran sebagai model yang layak untuk NBBS: komponen tatap muka dan online dapat digabungkan dalam proporsi yang diperlukan, dengan semua variasi memberikan pendidikan terbaik bagi siswa kami.